Dalam
menghadapi persaingan dalam dunia bisnis diperlukan suatu strategi yang tepat
guna memenangkan persaingan tersebut. Strategi di tingkat operasional akan
memegang kendali utama terlaksananya tujuan perusahaan dalam mencari
keuntungan. Memberikan perhatian kepada lingkungan merupakan cara terbaik untuk
merumuskan strategi yang akan diterapkan guna menghadapi persaingan.
Lingkungan
bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau
industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi
diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis.
Dewasa ini,
terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan
ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep
terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada
aktifitas organisasi dari
segala aspek.
Begitu halnya juga dengan istilah “bisnis” yang membentuk tipe organisasi,
apakah berbentuk perusahaan berorientasi laba, badan pemerintah, atau pun
lembaga nirlaba. Oleh karena itu, istilah “lingkungan bisnis” memiliki arti
yang luas karena menunjukkan seluruh pengaruh eksternal terhadap
organisasi. Wilson (1992) mengemukakan bahwa lingkungan bisnis memiliki tiga
konsep yang luas:
a. Fakta objektif realitas yang diukur
dan didefinisikan.
b. Fakta subjektif merupakan
karakteristik khusus tergantung dari interprestasi dan persepsi individu.
c. Pembagian antara organisasi dan
lingkungan tidak jelas, dan lingkungan tercipta dan didefinisikan oleh individu
http://www.academia.edu/3346537/Lingkungan_Bisnis
0 komentar:
Posting Komentar